Minggu, 04 Oktober 2009

pulau menjangan


Pulau Menjangan adalah Pulau Karang yang terletak di ujung barat laut Pulau Bali, di kabupaten buleleng, hanya terpaut jarak belasan kilometer dari pelabuhan penyeberangan ferry Gilimanuk. Untuk menuju ke titik penyebrangan pulau ini diperlukan waktu kurang lebih 3,5 jam dari Denpasar. dari singaraja bisa mencapainya dalam 90 menit saja. Pulau Menjangan sendiri memiliki banyak sekali dive site yang memiliki kontur membentuk jurang dibawah laut (wall diving). Di tempat ini, diving memungkinkan untuk sepanjang tahun dalam segala musim.

Pulau ini mudah dijangkau lewat Labuhan Lalang di Desa Sumber Kelampok Kecamatan Gerokgak ± 55 km sebelah barat Kota Singaraja. Pulau ini adalah bagian dari TNBB (Taman Nasional Bali Barat) dan semua kehidupan di pulau ini dilindungi. Tidak diperkenankan memancing, mencari karang atau berburu binatang di sini.

untuk menyebrang ke pulau menjangan melalui labuan lalang anda perlu mencarter kapal , dengan rata-rata kapasitas 10 orang untuk bersenang-senang selama tiga jam cukup dengan membayar Rp
330 ribu, kecuali menyebrang untuk keperluan sembahyang umat hindu hanya perlu membayar ongkos penyebrangan 185 ribu. sedangkan jika ingin lebih lama menikmati pulau ini, untuk perpanjangan waktu dikenai ongkos Rp 40 ribu per
jam.

selain biaya carter kapal, karena kita memasuki kawasan taman nasional maka perlu membeli tiket masuk seharga 2500 untuk wisatawan domestik, dan 20 000 untuk warga asing yang tidak memiliki KITAS. tiket ini berlaku selama 24 jam, untuk semua kawasan taman nasional bali barat. selain itu kita juga harus didampingi oleh pemandu yang kita bayar Rp 75 000. pemandu ini akan menjelaskan tentang taman nasional bali barat, dan tentunya akan menunjukkan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.
tujuan yang paling menarik di pulau ini tentunya taman lautnya, nah jika ingin menyewa alat snorkeling, anda cukum merogoh kocek 40 000 rupiah per set nya. selamat berlibur..



1 komentar:

dwitajuliarta mengatakan...

bro,,,
nice ingpoh,,
menjangan kynya okeh,,

:thumbup:

:beer: